Sasuke's Mangekyō Sharingan

Jumat, 10 Maret 2017

10 Cara Membuat Slime Praktis Dan Mudah Dipraktikkan

Bagi kamu yang belum tahu apa itu slime, bisa melihat agar-agar, bentuk dan teksturnya kurang lebih sama. Tekstur kenyal yang dimiliki oleh slime membuat banyak anak-anak  menyukainya.

Mungkin kamu masih bingung apa sih sebenarnya slime? Dan mengapa slime menjadi salah satu mainan favorit anak-anak? Hello-Pet akan memberitahukan info lengkapnya di sini.

Apa Itu Slime?


Bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia slime berati “lendir”. Slime memang mempunyai bentuk kenyal dan sedikit berlendir, tapi itu tergantung juga dengan bahan yang digunakan untuk membuat slime.

Untuk membuat slime kamu bisa menggunakan bahan seperti sabun, sampoo, sabun pencuci piring cair, lem putih, lem povinal, deterjen, dengan tepung dan juga dengan lainnya seperti dengan lem yang berbentuk gel. Jadi kamu bisa memilih bahan mana yang kira-kira aman dan cocok untuk dijadikan slime. Nah di bawah ini akan Hello-Pet berikan beberapa cara membuat slime dengan bahan yang berbeda.


Cara Membuat Slime Dengan Shampoo


Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat slime adalah shampoo. Cara membuatnya juga lebih mudah dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu slime dari shampoo lebih menarik apalagi dengan aroma harum dari shampoo akan menjadi ciri khas tersendiri slime yang telah dibuat. Sebelum membuatnya, sediakan beberapa bahan yang dibutuhkan.


Alat dan Bahan Membuat Slime Dari Shampoo


  1. Pengaduk yang akan digunakan untuk mengaduk adonan
  2. Air
  3. Shampoo (soft) satu sachet
  4. Deterjen bubuk 5 sendok makan
  5. Lem putih 3 sendok makan
  6. Pewarna makanan
  7. Wadah kecil

Langkah-langkah Membuat Slime Dari Shampoo



Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan telah siap, barulah kamu mulai membuat slime. Caranya cukup mudah, bila kamu mengikuti tutorial ini keberhasilan membuat slime pertama kali akan meningkat. Langsung saja ikuti tutorial membuat slime di bawah ini:
1. Siapkan seluruh paralatan dan bahan yang telah disebutkan di dalam satu tempat.
2. Ambil wadah untuk mengaduk bahan, kemudian masukkan lem putih 3 sendok ke dalamnya.
3. Masukkan bahan utamanya shampoo dan deterjen lembut ke dalam wadah kemudian masukkan pewarna. Gunakan warna favorit kamu.
4. Setelah semua bahan sudah masuk ke dalam wadah, aduk semuanya sampai semua bahan tercampur rata. Setelah adonan sudah mulai mengental berarti slime sudah hampir jadi.
5. Bila adonan sudah kental, rendamlah adonan slime tersebut ke dalam air sekitar 4 menit.
Apabila adonan slime masih terasa lengket, teruslah tekan-tekan adonan sampai padat dan kental.
Bila adonan slime sudah mengental sempurna maka slime sudah jadi dan bisa digunakan untuk membuat berbagai permainan kreatif.
Jangan lupa, setelah selesai mengunakan slime untuk selalu cuci tangan sampai bersih. Karena slime merupakan adonan yang mudah untuk ditempeli debu.


Setelah sebelumnya kamu belajar bagaimana membuat slime dengan menggunakan shampoo, kali ini kamu akan menggunakan bahan lain yakni deterjen. Pada awalnya slime digunakan untuk membersihkan debu-debu yang susah dijangkau pembersih biasa. Karena bentuknya yang imut, slime malah banyak digunakan untuk mainan.
Deterjen merupakan salah satu bahan yang mudah untuk dijadikan slime, mau tahu bagaimana cara membuatnya?
Ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Membuat Slime Dari Deterjen


Cara pembuatannya sama kok seperti membuat slime menggunakan Shampoo. Bedanya, bahan samponya diganti menjadi deterjen serta setelah adonan slimenya jadi dan kalian telah menuangkan setetes pewarnanya, kalian harus merendam adonan slime tersebut di dalam wadah yang telah penuh dengan air kurang lebih 2-3 menit.
Langsung saja ikuti tutorial membuat slime di bawah ini.

Alat dan Bahan Membuat Slime Dari Deterjen:



1. Wadah untuk mencampur adonan slime
2. Sendok atau pengaduk
3. Lem putih 3 sendok makan
4. Deterjen
5. Pewarna makanan
6. Air

Langkah-langkah Membuat Slime Dari Deterjen


Setelah semua alat dan bahan tersedia, selanjutnya kamu bisa membuat slime dengan bahan deterjen. Tenang saja, caranya tidak susah kok. Mungkin hanya memakan waktu beberapa menit saja kamu sudah bisa membuat slime secara mandiri. Langsung saja berikut tutorial membuat slime dengan bahan deterjen.
  1. Masukan lem ke dalam wadah atau mangkuk untuk adonan slime. Kemudian berikan pewarna sesuai dengan warna kesukaan kamu, dua tetes saja cukup untuk memberikan warna pada slime. Aduk kedua bahan tersebut sampai adonan tercampur dan warna merata.
  2. Setelah itu masukan deterjen sedikit demi sedikit kemudian aduk sampai menggumpal begitu seterusnya sampai adonan menggumpal sempurna.
  3. Setelah adonan tercampur dengan deterjen secara merata diamkan sebentar sekitar 2-3 menit.
  4. Setelah itu masukan adonan ke dalam rendaman air selama 3 menit. Setelah itu adonan slime sudah bisa digunakan. Tarik-tarik saja, karena adonannya sangat lentur tapi tidak lengket ditangan. Warnanya juga bagus dan disukai oleh anak-anak.

Cara Membuat Slime Dari Bahan Lem Putih Atau Lem Kayu


Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat slime adalah lem putih yang biasa digunakan untuk kertas atau permukaan kering lainnya atau lem kayu. Bahannya juga tidak terlalu susah, bahkan mungkin ada di sekitar kamu. Sebelum membuatnya, sediakan beberapa bahan yang dibutuhkan.

Alat dan Bahan untuk Membuat Slime Dari Lem Putih Atau Lem Kayu


1.Wadah untuk mencampur adonan slime
2.Sendok atau pengaduk
3.Lem putih 3 sendok makan
4.Deterjen
5.Pewarna makanan
6.Air


Langkah-langkah Membuat Slime Dari Lem Putih Atau Lem Kayu


Setelah semua alat dan bahan tersedia, selanjutnya kamu bisa membuat slime dengan bahan lem fox atau lem kayu. Caranya juga tidak terlalu susah. Langsung saja, berikut tutorial membuat slime dari lem putih atau lem kayu.
1. Persiapkan bahan dan alat yang telah disebutkan tadi.
2. Masukkan lem fox atau lem kayu sebanyak 3 sendok makan saja.
3. Aduk-aduk lem fox tadi didalam mangkuk sampai agak mengental.
4. Lalu tambahkan pewarna makanan, pilih warna yang disenang,
5. Aduk lagi sampai lem putih dan pewarna makanan merata.
6. Tambahkan deterjen sedikit demi sedikit lalu aduk sampai menggumpal.
7. Setelah itu masukkan adonan ke dalam air biasa, diamkan selama kurang lebih 3 menit.
Slime bisa digunakan untuk bermain, tarik ulur aja, pasti menarik untuk mainan. Jangan lupa masukkan lemari es kalau sudah selesai bermain agar tak gampang keras


Cara Membuat Slime Dari Bahan Lem Kertas


Tadi kita sudah membahas tentang cara membuat slime dari sampo, deterjen, lem putih atau lem kayu. Sekarang kita akan membahas cara membuat slime dari bahan lem kertas. Berikut tutorialnya.


Alat dan Bahan Untuk Membuat Slime Dari Bahan Lem Kertas

  1. Lem kertas
  2. Obat sariawan
  3. Pewarna makanan
  4. Mangkuk
  5. Sendok

Langkah-langkah Membuat Slime Dari Lem Kertas


Berikut tutorial membuat slime dari lem kertas.
  1. Siapkan alat dan bahan yang telah disebutkan tadi.
  2. Tuangkan lem cair kertas sesuai dengan selera atau banyaknya slime yang diinginkan.
  3. Masukkan pewarna makanan, tambahkan sampai membentuk warna yang dikehendaki.
  4. Tambahkan obat sariawan secukupnya ke dalam adonan, tambahkan beberapa tetes saja karena fungsinya agar slime bisa lebih menyatu dan tak tercecer.
  5. Aduk terus hingga adonan menjadi kental dan menggumpal
  6. Slime bisa digunakan untuk bermain, tetapi kelemahan dari slime ini yaitu apabila mengenai baju atau karpet sulit dihilangkan.


Cara Membuat Slime Dari Pelembut Pakaian


Mengapa saya merekomendasikan membuat slime dari pelembut pakaian? Karena bahan-bahannya sangat mudah dicari, bahkan bisa kamu beli di warung.

Tidak jauh beda seperti membuat slime dari bahan shampoo, deterjen, lem kayu, ataupun lem kertas, hanya saja ia memakai bahan pelembut pakaian. Berikut tutorialnya.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Slime Dari Pelembut Pakaian


  1. Lem bening bentuk jel
  2. Air
  3. Pewarna makanan
  4. Mangkuk / cup
  5. Pengaduk / sendok


Langkah-langkah Membuat Slime Dari Pelembut Pakaian

Siapkan alat dan bahan yang telah disebutkan tadi.
1, Tuangkan lem bening ke dalam mangkuk, kemudian aduk-aduk sampai membentuk seperti lilin meleleh atau lendir. Masukkan pewarna pakaian secukupnya sesuai dengan selera warna yang dikehendaki.
2. Setelah semua tercampur, masukkan adonan tadi ke dalam pelembut pakaian selama kurang lebih 1 menit.
3. Angkat adonan yang sudah dimasukkan ke pelembut pakaian tadi, lalu masukkan ke dalam air biasa selama 1 menit.
Slime sudah bisa digunakan untuk bermain. Jangan lupa masukkan lemari es setelah digunakan karena dikhawatirkan cepat mengeras.

Cara Membuat Slime Dari Pencuci Piring Cair


Sebenarnya tutorial membuat slime ini semuanya hampir sama dan cukup mudah untuk dipraktikkan, hanya bahannya yang membedakan, namun bahan dasar lem tetaplah yang utama. Nah, untuk membuat slime dari pencuci piring cair, caranya sama dengan membuat slime dari shampoo. Namun bahan sampo diganti dengan menggunakan pencuci piring cair.

Bahan Untuk Membuat Slime Dari Pencuci Piring Cair.


    1. Wadah kecil, bisa berupa baskom atau alat lainnya yang bisa digunakan untuk mencampur adonan slime.
    2. Pengaduk yang akan digunakan untuk mengaduk adonan
    3. Air
    4. Pencuci piring cair
    5. Deterjen bubuk 5 sendok makan
    6. Lem putih 3 sendok makan
    7. Pewarna makanan

Langkah-langkah Membuat Slime Dari Pencuci Piring Cair



Langkah pertama adalah menyiapkan seluruh paralatan dan bahan yang telah disebutkan di atas dalam satu tempat.
Ambil wadah untuk mengaduk bahan, kemudian masukkan lem putih 3 sendok ke dalamnya.
Masukkan bahan utamanya pencuci piring cair dan deterjen lembut ke dalam wadah, kemudian masukkan pewarna. Gunakan warna favorit kamu.
Setelah semua bahan sudah masuk ke dalam wadah, aduk semuanya sampai semua bahan tercampur rata. Setelah adonan sudah mulai mengental berarti slime sudah hampir jadi.
Bila adonan sudah kental, rendamlah adonan slime tersebut ke dalam air sekitar 4 menit.
Apabila adonan slime masih terasa lengket teruslah tekan-tekan adonan sampai padat dan kental.
Bila adonan slime sudah mengental sempurna maka slime sudah jadi dan bisa digunakan untuk membuat berbagai permainan kreatif.

Cara Membuat Slime Dari Tepung


Ternyata selain sebagai bahan pembuat makanan, tepung juga bisa dikreasikan untuk membuat slime. Bahan-bahannya tentu mudah untuk didapat di toko-toko sekitar kalian. Berikut ini Hello-Pet berikan tutorialnya.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Slime Dari Tepung


  1. Tepung meizena sebanyak 175 ml
  2. Minyak sayur sebanyak 475 ml
  3. Gabus sebesar 15×5 cm
  4. Mangkuk
  5. Sendok

Langkah-langkah Membuat Slime Dari Tepung


1.Campurkan tepung maizena dengan minyak sayur, aduk sampai merata, dan agak menggumpal.Setelah adonan merata, masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 1 hari.
2.Kuarkan adonan tadi dari lemari es, biarkan di suhu normal, kemudian adonan terlihat seperti tidak menyatu. Lalu aduk adonan tersebut sampai merata kembali.
3.Siapkan gabus, gosok-gosoklah ke karpet, atau rambut sehingga gabus menimbulkan listrik statis. Tuangkan adonan tadi ke gabus yang sudah digosokkan.
4.Adonan yang mengalir dari gabus tadi sudah menjadi slime. Kelemahan dari slime ini, sangatlah tidak awet, terlalu cair, dan sangat sulit untuk dimainkan.


Cara Membuat Slime Dengan Boraks


Banyak cara untuk membuat slime dan salah satunya adalah dengan boraks atau natriumtetraborat. Mau tahu cara membuat slime dengan boraks?
Ikuti tutorialnya berikut ini:

Alat dan Bahan Untuk Membuat Slime Dengan Boraks


  1. Satu botol boraks / natriumtetraborat
  2. Satu botol lem cair
  3. Sabun cair secukupnya
  4. Wadah untuk membuat slime
  5. Pengaduk


Langkah-langkah Membuat Slime Dari Gom


1. Masukkan lem cair dalam wadah yang telah disiapkan, Tuangkan beberapa tetes Gom.
2. Tuangkan 2 – 3 tetes sabun cair sebagai pengharum slime, aduk terus sampai slime terlihat menggumpal.
3. Kadang meskipun slime mulai menggumpal tetapi masih lengket di tangan, cara mengatasinya adalah teteskan lagi boraks 1 sampai 2 tetes maka slime tidak akan lengket lagi. Jika slime sudah tidak lengket dan mulai kenyal maka slime siap dimainkan
4. Agar lebih indah bisa juga diberi pewarna sesuai keinginan (merah, kuning, hijau dll), pewarna diberikan saat slime belum menggumpal atau pada saat pengadukan.

Cara Membuat Slime yang Bisa Dimakan


Bagaimana bisa dimakan? Bukankah ada boraks atau deterjennya? Iya, slime yang bisa dimakan tersebut dibuat dari susu kental manis dan tepung maizena, bukan deterjen. Bagaimana caranya? Tutorial kali ini akan menjelaskan caranya, simak baik-baik ya.


Alat Dan Bahan Untuk Membuat Slime yang Bisa Dimakan


  • 1 Kaleng susu kental manis ukuran 414 ml.
  • 1 Sendok makan tepung maizena
  • 10-15 tetes pewarna makanan (harus pewarna makanan). Kalau tidak pakai pewarna warnanya menjadi warna adonan. Jika tidak ada pewarna, kalian bisa menggunakan serbuk tampera, pigmen pewarna yang biasanya terbuat dari kuning telur atau bahan lain.
  • Panci bergagang
  • Sendok
  • Alat masak tambahan (kompor, spatula, dll)


Langkah-langkah Membuat Slime yang Bisa Dimakan



Tuangkan susu kental manis ke dalam panci bergagang. Kemudian masukkan pula satu sendok maizena ke dalam panci bergagang. Biarkan susu kental manis dan tepung maizena bercampur menjadi satu di dalam panci bergagang. Lalu, panaskan adonan susu kental manis dan tepung maizena tersebut dengan kompor dengan api kecil hingga mendidih.

Sambil menunggu adonan mendidih, aduk-aduklah adonan slime tersebut menggunakan tangkai sendok. Setelah mendidih dan adonan mengental, angkat panci bergagang dari kompor. Berikan pewarna pada adonan slime sesuai selera.

Langkah terakhir tunggulah adonan slime menjadi dingin. Jika sudah dingin, kalian bisa memainkan adonan slime dan memakannya. Gampang, bukan? Lebih gampang dan seru lagi jika kalian membuat bersama teman-teman.


Cara Membuat Slime Dari Lem Cair Bening


Cara membuatnya tidak jauh beda dengan menggunakan bahan lem putih atau lem kertas. Bagaimana caranya? Mari simak tutorialnya

Alat dan Bahan Untuk Membuat Slime Dari Lem Cair Bening


  1. lem cair bening, gunakan merek Povinal
  2. pengaduk
  3. wadah
  4. deterjen bubuk/cair
  5. air secukupnya
  6. pewarna makanan


Langkah-langkah Membuat Slime Dari Lem Cair Bening


  1. campurkan deterjen bubuk dengan air.
  1. tuangkan lem povinal (banyaknya sesuai dengan airnya).
  2. aduk aduk sampai tercampur antara air, deterjen dan lem.
  1. terakhir campurkan dengan pewarna.
  1. Slime dari lem povinal siap untuk dimainkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar